Tuesday, January 7, 2014

Trik Foto Agar Tidak Blur

Trik Foto Agar Tidak Blur - Foto blur adalah dimana saat hasil jepretan foto nampak tidak jelas, hal itu mungkin disebabkan oleh kualitas lensa kamera atau kurang tepatnya pada saat pengambilan gambar.

Ada beberapa trik untuk mengatasi hal tersebut, agar pengambilan gambar menjadi sempurna dan kita pun merasa puas atas hasil jepretan foto kita.

Pertama, perhatikan setingan kecepatan rana Anda, hal yang dapat mebuat foto blur adalah kiecepatan rana Anda lebih lambat dibandingkan dengan jarak fokus lensa Anda.
Untuk triknya, bila Anda mengambil foto dalam jarak fokus 100mm, maka Anda memerlukan kecepatan rana 1/100, ini berlaku bila Anda mengunakan kamera full frame sensor. Untuk kamera Digital SLR yang ada dipasar, sebagian besar mengunakan sensor yang lebih kecil.

Selanjutnya adalah target foto Anda harus diperhatikan dengan teliti, mungkin target foto Anda bergerak terlalu cepat, sehingga kecepatan rana pun harus mengikuti cepatnya gerak subjek foto tersebut. Contohnya, untuk membekukan gerakan pemain basket orang orang berlari, minimal Anda memerlukan 1/500. Untuk penari dan penyanyi, biasanya 1/200 cukup, dan untuk foto manusia yang tidak bergerak 1/60 biasanya cukup baik.

Yang terakhir adalah ukuran pixel sensor juga dapat mempengaruhi foto menjadi blur, kamera yang berukuran sensor sama, tapi resolusi gambar tinggi, memerlukan kecepatan rana yang lebih cepat karena ukuran piksel yang kecil lebih sensitif dalam mendeteksi getaran. Kalau teori ini benar, maka kamera yang berukuran 15 megapiksel akan lebih rawan blur daripada kamera yang berukuran 6 megapiksel.

Hal lain yang dapat digunakan untuk mencegah blur yaitu teknik memegang kamera atau teknik pernafasan. Dengan menahan nafas saat mengambil gambar dan memposisikan tubuh dengan rapat atau menyender di dinding, bisa membantu mengurangi getaran yang menghasilkan blur.

No comments:

Post a Comment