Monday, January 6, 2014

Freeport Turunkan Produksi Hingga 40% Mulai 2014

Freeport Turunkan Produksi Hingga 40% Mulai 2014 - Presdir Freeport Indonesia Rozik B. Soetjipto mengatakan perusahaan Amerika Serikat tersebut menyiapkan beberapa skenario untuk menghadapi tenggat waktu beleid regulasi itu yaitu 12 Januari 2014. PT Freeport Indonesia akan menurunkan produksi konsentrat tembaga hingga 40% mulai tahun depan agar bisa diolah di PT Smelting Gresik untuk memenuhi kewajiban sesuai dengan UU No. 4/2009.
Penurunan produksi itu merupakan salah satu opsi. Opsi kedua, bila tingkat produksi sebanyak 40% semakin lama tidak ekonomis, Freeport berencana menutup produksinya.
“Kami juga memang ada rencana untuk mengajukan arbitrase, tetapi pilihan itu sangat kami hindari, karena tentunya terlalu merepotkan,” ujarnya, seperti dikutip Harian Bisnis Indonesia, Jumat (13/12/2013).
“Kami bisa memutuskan dan siap menerapkan rencana yang sudah disusun setelah melihat hasi FS pada pertengahan Januari 2014,” lanjutnya.
Langkah yang diambil Freeport itu juga sama dengan yang dilakukan PT Newmont Nusa Tenggara. Menurut Presdir Newmont Martiono Hadianto dalam rilisnya pada Selasa (10/12), perseroan kini tengah mengkaji kemungkinan pembangunan smelter di dalam negeri.

No comments:

Post a Comment