Tuesday, January 14, 2014

Tips Merawat Baterai Smartphone Li-ion

Anda bingung dengan baterai li-ion smartphone Anda selalu cepat habis? Tenang saja, ada beberapa tips merwat baterai li-ion smartphone Anda agar lebih awet. Namun sebenarnya wajar saja jika baterai smartphone cepat habis, karena smartphone membutuhkan daya yang lumayan banyak untuk pengoprasiannya. Namun bila ada cara untuk mengakalinya kenapa tidak kita coba.

Berikut Tips Merawat Baterai Smartphone Li-ion:

- Saat baru membeli ponsel atau gadget lain, banyak yang mengira bahwa baterai di gadget tersebut haruslah di charge atau di isi ulang selama 6 - 8 jam. Tapi menurut saya, hal itu tidaklah perlu dilakukan. Itu hanya berlaku pada baterai berjenis NiCad / NiMH yang biasa digunakan pada ponsel jaman dulu. Ponsel dan gadget jaman sekarang ini hampir dipastikan sudah tidak ada lagi yang menggunakan baterai tersebut. Dan dari pengalaman saya pun, tidaklah penting untuk mengecas baterai terlalu lama saat penggunaan pertama baterai berjenis Li-Ion, bahkan justru saya sarankan untuk menghindarinya. Mengapa? Karena itu akan menyebabkan overcharging yang justru akan memperpendek umur baterai. Jadi untuk pemakaian pertama cukup isi baterai hingga indikator menunjukkan baterai telah penuh.

- Overheat atau Panas yang berlebih ketika melakukan isi ulang atau saat digunakan adalah salah satu sebab kapasitas baterai berkurang lebih cepat. Akibatnya Anda akan lebih sering mengisi ulang gadget Anda dalam sehari. Oleh karena itu perhatikan suhu baterai saat mengisi perangkat. Hal lain yang bisa menyebabkan overheat adalah memainkan perangkat sembari mengisi baterai. Apalagi jika digunakan dengan aplikasi yang membutuhkan koneksi internet.

- Yang paling penting dari baterai jenis ini (dan jenis lain) adalah cara / kebiasaan dari pemakaian dalam jangka panjangnya. Perlu diketahui bahwa baterai Li-Ion memiliki umur atau masa pakai berdasarkanseberapa sering ia di isi ulang / di cas (biasanya 1000x) jadi saran saya adalah jangan terlalu sering mengisi ulang baterai jenis ini! Anda harus pandai - pandai untuk menghemat baterai agar anda dapat menjadwal kapan seharusnya baterai di isi ulang. Sekali anda mencharge atau mengisi ulangnya, jangan sekalipun anda mencabut / dischage baterai ini sebelum penuh. Karena meskipun anda sudah mencharge hingga setengah penuh, lalu anda cabut dan mencharge nya lagi hingga penuh, itu akan dihitung 2x charging, sehingga akan memperpendek umurnya. Isilah baterai saat benar - benar low baterry, tapi bukan berarti membiarkannya hingga mati, dan discharge (lepas konektor charger) saat baterai sedah benar - benar penuh. Hal ini untuk memaksimalkan penggunaannya, karena jika anda mencharge baterai ini dimana baterai ini masih memiliki daya yang cukup untuk "menghidupkan" gadget, itu sama artinya anda membuang "umur" dari baterai ini.

No comments:

Post a Comment